RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SEKOLAH : SMP
MATA PELAJARAN : IPS
KELAS / SEMESTER : VIII / 2
A. STANDART KOMPETENSI : 5 Memahami usaha persiapan kemerdekaan
B. KOMPETENSI DASAR : 5.1 Mendiskripsikan peristiwa – peristiwa sekitar proklamasi proses terbentuknya Negara Kesatuan Republik
C. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran siswa dapat
1. Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar Proklamasi Kemerdekaan
2. Menyusun kronologi Proklamasi Kemerdekaan Republik
3. Mendiskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang Proklamasi Kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah.
4. Menjelaskan proses terbentuknya Negara dan pemerintah Republik
5. Menjelaskan berbagai dukungan spontan dan tindakan heroic dari berbagai daerah terhadap pembentukan Negara dan Pemerintah Republik
D. MATERI PEMBELAJARAN ( Di Jabarkan )
1. Peristiwa sekitar Proklamasi
a. Tanggal 11 – 14 Agustus 1945 Jepang melalui Marsekal Terauchi memanggil tiga tokoh
( Ir. Sukarno, M. Hatta, Rajiman WD ) di Dalath
- Ir. Sukarno sebagai ketua PPKI.
- M. Hatta sebagai wakil PPKI.
- Indonesia Merdeka tanggal 24-8-1945.
- Wilayah Indonesia Merdeka seluruh bekas jajahan Belanda.
b. Tanggal 15-8-1945 ada berita kekalahan Jepang para pemuda mendesak Proklamasi Kemerdekaan.
c. Tanggal 16-8-1945 agar tidak dipengaruhi Jepang Ir. Sukarno, M. Hatta, Fatmawati, Guntur Sukarno Putra diamankan ke Rengas Dengklok.
d. Tanggal 16-8-1945 Perumusan teks Proklamasi di rumah Laksamana Maeda.
2. Kronologi Proklamasi Kemerdekaan
a. Tanggal 16-8-1945 Teks Proklamasi disusun.
b. Tanggal 17-8-1945 Pukul 06.00 para tokoh menuju lapangan Ikada, tetapi sudah diduduki Jepang dan berpindah ke rumah kediaman Ir. Sukarno Jln. Pegangsaan Timur No. 56 Jakarta.
c. Pukul 10.00 Teks Proklamasi dibacakan.
3. Penyebaran Berita Proklamasi.
a. Berita Proklamasi Republik
b. Dua buah
4. Terbentuknya Negara dan Pemerintah Republik
a. Sidang PPKI ke I tanggal 18 Agustus 1945
b. Sidang PPKI ke II tanggal 19 Agustus 1945
c. Sidang PPKI ke III tanggal 22 Agustus 1945
5. Dukungan spontan terhadap Proklamasi
a. Rapat raksasa di lapangan IKADA
b. Pernyataan sikap Sri Sultan Hamengkubuwana IX
c. Peristiwa heroic di berbagai daerah.
PENDEKATAN / METODE
Pendekatan : Ceramah bervariasi
Metode : Diskusi, Tanya jawab, sosiodrama
E. LANGKAH-LANGKAH
1. PERTEMUAN I
a. Pendahuluan ( 10 menit )
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan misalnya :
Setiap tanggal berapa Kemerdekaan Republik
- Apersepsi : Pengertian Proklamasi Kemerdekaan.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
- Guru menjelaskan materi sekitar Proklamasi.
- Siswa diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
- Guru menjawab pertanyaan dari siswa.
- Guru memberi pertanyaan tertulis dan dikumpulkan.
C. Penutup ( 20 menit )
- Membuat kesimpulan
- Memberi tugas mempelajari pesan tokoh proklamasi.
PERTEMUAN KE II
a. Pendahuluan ( 10 menit )
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian.
- Memotivasi : Guru menunjukkan foto / gambar tokoh proklamasi.
- Apersepsi : Perumusan naskah Proklamasi.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
- Guru membimbing siswa membentuk 2 kelompok.
- Guru memandu siswa untuk bermain peran/sosiodrama ( naskah dan peran tokoh sudah disiapkan )
- Masing-masing kelompok menampilkan sosiodrama Proklamasi Kemerdekaan.
- Guru mengadakan pengamatan dan penilaian terhadap sosiodrama kelompok.
c. Penutup ( 20 menit )
- Membuat kesimpulan dari hasil tampilan sosiodrama.
- Tanya jawab.
- Memberi tugas siswa untuk mempelajari penyebarluasan berita Proklamasi
3. PERTEMUAN KE III
a. Pendahuluan ( 10 menit )
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian kelas.
- Memotivasi : Menunjuk salah satu siswa untuk membaca teks Proklamasi.
- Apersepsi : Arti penting Proklamasi bagi bangsa Indonesia.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
- Guru membentuk 4 kelompok dalam kelas.
- Guru membagi tugas diskusi masing-masing kelompok.
Kelompok A : Membahas mengenai pentingnya penyebarluasan berita Kemerdekaan.
Kelompok B : Membahas Proses penyebaran Proklamasi.
Kelompok C: Sarana yang digunakan untuk menyebarluaskan berita tentang Proklamasi.
Kelompok D: Membahas reaksi berita Proklamasi dari rakyat dan reaksi Jepang.
- Setiap kelompok mulai dari A sampai D membacakan hasil diskusinya ke depan kelas
- Guru bersama anggota kelompok lain menanggapi hasil diskusi masing-masing kelompok.
c Penutup ( 20 menit )
- Membuat kesimpulan hasil diskusi
- Memberi kesempatan bertanya pada siswa
- Memberi tugas mempelajari materi berikutnya.
PERTEMUAN KE IV
a. Pendahuluan ( 10 menit )
- Memeriksa kehadiran siswa, kebersihan dan kerapian.
- Memotivasi : Menanyakan singkatan PPKI, siapa ketua dan wakilnya, siapa yang mengangkat ketua dan wakil tersebut.
- Apersepsi : Syarat-syarat kelengkapan sebuah Negara.
b. Kegiatan Inti ( 60 menit )
- Guru memberi tugas kepada masing-masing kelompok pada pertemuan yang lalu.
- Kelompok A : Membuat 5 pertanyaan tentang sidang PPKI I
- Kelompok B : Membuat 5 pertanyaan tentang sidang PPKI II.
- Kelompok C : Membuat 5 pertanyaan tentang sidang PPKI III.
- Kelompok D : Membuat5 pertanyaan tentang dukungan spontan tindakan heroic di berbagai daerah.
- Guru memandu masing-masing kelompok menukar pertanyaan dan menjawabnya.
Kelompok A ditukar dengan kelompok B
Kelompok C ditukar dengan kelompok D
- Masing-masing kelompok membaca pertanyaan dan jawaban dari kelompok lain.
- Guru bersama siswa menanggapi jawaban
c. Penutup ( 20 menit )
- Membuat kesimpulan.
- Guru membuat pertanyaan mengenai materi pembentukan NKRI
- Memberi tugas mengerjakan LKS.
G. SUMBER BELAJAR
a. Buku LKS Terpadu kelas VIII halaman 177 – 195
b. Buku LKS Kelas VIII semester genap.
c. Guru
F. PENILAIAN HASIL BELAJAR
NO | INDIKATOR | PENILAIAN | INSTRUMEN | |
| | TEKNIK | BENTUK INSTRUMEN | |
1. | Melacak perbedaan perspektif antar kelompok sekitar Proklamasi Kemerdekaan | Tes tertulis | Uraian | Terlampir |
2. | Menyusun teknologi Proklamasi Kemerdekaan Republik | Tes tertulis | Uraian | Terlampir |
3. | Mendiskripsikan secara kronologis proses penyebaran berita tentang Proklamasi Kemerdekaan dan sikap rakyat di berbagai daerah. | Tes tertulis | Uraian | Terlampir |
4. | Menjelaskan proses terbentuknya Negara dan Pemerintah Republik | Tes tertulis | Uraian | Terlampir |
5. | Menjelaskan berbagai dukungan spontan dan tindakan heroic dari berbagai daerah terhadap pembentukan Negara dan Pemerintah Republik | Tes tertulis | Uraian | Terlampir |
1. TEHNIK PENILAIAN
a. Tes tertulis.
b. Penugasan.
2. BENTUK INSTRUMEN
a. Tes Uraian.
b. Daftar pertanyaan.
c. Tugas rumah
LAMPIRAN I
PEDOMAN PENSKORAN DAN KUNCI JAWABAN
NO | SOAL | BOBOT |
1. | Mengapa Ir. Sukarno menolak keinginan pemuda untuk memproklamasikan Indonesia pada tanggal 16 Agustus 1945. | 10 |
2. | Sebutkan masing-masing 2 orang tokoh Proklamasi yang termasuk golongan muda dan golongan tua. | 10 |
3. | Sebutkan urutan kejadian persiapan Proklamsi Kemerdekaan Republik | 10 |
4. | Apakah upaya pejuang bangsa | 10 |
5. | Sebutkan dua | 10 |
6. | Sebutkan hasil sidang PPKI yang ke I tanggal 18-8-1945. | 10 |
7. | Sebutkan hasil sidang PPKI yang ke II tanggal 19-8-1945. | 10 |
8. | Sebutkan hasil sidang PPKI yang ke III tanggal 22-8-1945. | 10 |
9. | Sikap heroic apa yang dilakukan oleh pemuda | 10 |
10. | Jelaskan penyebab peristiwa 5 hari di | 10 |
| J U M L A H | 100 |
| | |
| KUNCI JAWABAN | |
1. | Karena Ir. Sukarno sebagai kelompok generasi tua menghendaki mengadakan sidang PPKI dulu. | |
2. | Golongan muda : Wikana, Chaerul Shaleh. Golongan tua : Soekarno, Subarjo . | |
3. | Tanggal 15-8-1945 Berita Jepang menyerah. Tanggal 16-8-1945 Peristiwa Rengas Dengklok. Tanggal 17-8-1945 Perumusan teks Proklamasi. | |
4. | Menyebarkan melalui radio, Koran, dari mulu ke mulut. | |
5. | Tjahaya Karya dan Soeara Asia. | |
6. | Sidang PPKI I memutuskan mengangkat Presiden dan wakil Presiden Republik | |
7. | Sidang PPKI ke II mengangkat 8 gubernur, 12 Menteri dan 4 Pejabat Negara. | |
8. | Sidang PPKI ke III mendirikan Komite Nasional dan BKR. | |
9. | Menyobek bendera belanda di Hotel Yamato Surabaya yang dikenal dengan insiden Tunjungan. | |
10. | Adanya tawanan Jepang yang minta perlindungan ke Batalyon Kido dan tertembaknya Dr. Karyadi sewaktu meneliti air minum. | |
Jumlah Maksimal = 100
Nilai = Jumlah skor siswa x 100
Jumlah skor maksimal
Mengetahui
Kepala SMP………………… Guru mata Pelajaran
Best 8 Casino in Reno | Mapyro
BalasHapusGet directions, reviews 포항 출장샵 and information for the Casino at 속초 출장샵 3475 Olive Highway in Reno, NV. 김해 출장마사지 Check out MapyRaja.com for 구미 출장샵 casinos near 경주 출장마사지 Reno, NV from Mapyro.